Model view controller pada CodeIgniter

 CodeIgniter , setiap php programer pasti kenal dengan nama CodeIgniter.

Sebelum membahas lebih lanjut pengalaman penulis dengan CodeIgniter, mari kita bahas dulu system MVC yang diusung dalam setiap phpFramework termasuk CodeIgniter.

CodeIgniter didasarkan pada pola pengembangan Model-View-Controller. MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. Dalam prakteknya, hal itu memungkinkan halaman web untuk memuat script kecil karena presentasi terpisah dari scripting PHP.

 

Model merepresentasikan struktur data Anda. Biasanya kelas model Anda akan berisi fungsi yang membantu Anda mengambil, memasukkan, dan mengupdate informasi dalam database Anda.

View adalah informasi yang sedang disajikan kepada pengguna. sebuah View biasanya akan menjadi halaman web, tetapi dalam CodeIgniter, view dapat juga menjadi fragmen halaman seperti header atau footer. Hal ini juga dapat menjadi halaman RSS, atau jenis lain dari "halaman website ".

Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan resource lainnya yang dibutuhkan untuk memproses HTTP request dan menghasilkan suatu halaman web.

CodeIgniter memiliki pendekatan yang cukup longgar untuk MVC, karena Model yang tidak terlalu diperlukan. Jika kita tidak perlu menambahkan pemisahan , atau beranggapan bahwa mempertahankan model memerlukan kompleksitas lebih dari yang kita inginkan, maka kita dapat mengabaikan Model dan membangun aplikasi minimal dengan hanya menggunakan Controller dan View . CodeIgniter juga memungkinkan kita untuk memasukkan skrip kita sendiri, atau bahkan mengembangkan library inti untuk sistem, serta juga memungkinkan kita untuk bekerja dengan cara yang paling masuk akalbagi kita.

Sedikit penjelasan diatas kami petik dari CodeIgniter user_guide yang disertakan dalam CodeIgniter module pada saat kita download.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang Setting - setting dasar dalam membuat aplikasi dengan menggunakan CodeIgniter, Salam kreatif

Tulis komentar

 




Today
Yesterday
All visitor

Pelatihan Website bersama Media Kreatif Indonesia

laboratorium Komputer dan teknology Kampus I ITN Malang 2013-07-09 08:00:00
 

Pelatihan Sistem Informasi

SMK Negeri 1 Lumajang 2013-05-01 12:00:00
 

Bakti sosial Teknik Kimia

Panti Asuhan Miftahul Huda II 2013-03-26 11:00:00
 

Bagaiamana metode pengajaran teknology yang paling efektif menurut anda ?

Beli buku, kemudian mempelajari sambil praktek
Mengikuti kursus sesuai bidang teknology
Belajar sendiri secara otodidak
Belajar dari contoh - contoh aplikasi yang sudah jadi
Belajar dari contoh - contoh yang paling sederhana
Semua pilihan benar